Sunday, 23 September 2012

Pengalaman Sidang Kompre Paket 3 Gunadarma


Hola! Sore ini gue mau cerita tentang pengalaman Sidang Kompre Paket 3 yang gue jalanin kemarin 22 September 2012.. Disimak ya.. J


Setelah sekitar 2 minggu lebih gue belajar materi sesuai SAP dari 3 mata kuliah paket 3 ini, tibalah saatnya penentuan, apakah gue layak menyandang gelar S.Kom atau gak. Ini kaya udah tentang hidup dan mati gue sebagai mahasiswa..hehehe

Dalam rangka menyambut datangnya hari sidang, setiap hari gue belajar kira-kira 3-4 jam. Tapi, 8 hari menjelang hari H, gue gila2an belajarnya, setiap hari tidur jam 5 subuh, dan bangun jam 9 pagi. Jujur aja, sidang ini emang bikin gue stress, sampe akhirnya gue kena alergi akibat stress ini. (beneran loh, stress bikin alergi)

waktu emang gak kerasa berlalunya, sidang semakin deket, alergi semakin parah. Rasanya pengen maraaaahh gara2 alergi yang ganggu banget, belajar jadi gak konsen. Gue dikasih obat sama nyokap yang efek sampingnya itu adalah ngantuk, alhasil 3 hari menjelang sidang, belajar gue agak berkurang gara2 kebanyakan tidur.

Dan tanggal 22 September 2012 pun tiba, sodara sodara…
Dengan mengucap Bismillah dan penuh keyakinan, gue berangkat, agak kesiangan sih gara-gara semalemnya gak bisa tidur. Kereta berangkat jam 5.39 pagi dari Stasiun Bogor menuju Stasiun Jakarta Kota. Gue berangkat sama Adi yang juga barengan sidangnya, bedanya dia ambil paket 1.
Setelah sekitar 1 jam sampailah di Stasiun Cikini, gue sama Adi turun dan langsung ngacir naik bajaj ke Kampus A Kenari. Dasar lelaki emang paling gak bisa nawar, ongkos ke Kampus Kenari yang gak sampe 5 menit itu pun ditembak dengan harga 15.000 RUPIAH, gue udah nawar, Adi malah langsung aja deal 15.000. Sebenernya GOCENG juga si tukang bajaj gak rugi. Yaudahlah ya dari pada telat.

ternyata, begitu sampai di kampus..antrian untuk di foto panjaaaaaannngggg banget, dan gue sama adi pun stuck di antrian paling belakang. (FYI sesi foto ini adalah step pertama dalam rangkaian sidang sarjana Gunadarma.) Gue sama adi jalan ke antrian depan, sambil spik2 ngobrol sama temen, dan hasilnya, gue masuk ke antrian depan. Ok ini cara curang, jangan ditiru ya.. J

Setelah sesi foto, semua peserta sidang disuruh nunggu di lantai 5 untuk briefing. Dan briefing ini pun dimulai jam 9.45. gerah banget gara2 ac diruang briefing mati. Gue saranin buat yang mau sidang, pas briefing duduklah paling depan! Sumpah gak rugi. Di briefing ini lo akan dapet kartu sidang dan lo bakal tau siapa penguji lo, dan akan dikasih tau di lantai berapa lo akan sidang, pasang kuping baik2! Ini lah kenapa lo gak rugi duduk di depan, karena panitia sidang akan milih siapa yang boleh pergi menuju ke lantai sidang duluan.

Penguji gue adalah ….

IMK : Febriani, Dr.
APSI : Ibu Fenni Agustina, Dr
BD 2: Ibu Marliza Ganefi Gumay, S.Kom, MMSI
Rejeki gue teryata dapet di lantai 6. Lantai yang sama dengan Adi disidang. Begitu gue naik lantai 6, gue lapor sama panitia disitu, ditanya siapa pengujinya. Kebetulan gue langsung disuruh masuk dan sidang. Ternyata bu Marliza belum dateng

Jreng..jreng..jreng… ini saatnya sidang....

pertama di sidang sama Bu Febriani(IMK)
F: Ibu Febriani G: Gue


F: Dari 3 mata kuliah ini (IMK,APSI,dan SBD2) , mana dulu yang harus kamu lakukan dalam membuat sebuah sistem?
G: Analisis Perancangan Sistem Informasi, bu, kemudian merancang Basis Data, lalu membuat desain interface nya(imk) (gue jelasin panjang lebar deh)

F: Kamu belajar apa lagi?
G: Sejarah IMK, Ergonomi, Prinsip Usability, Paradigma (lain2nya gak gue sebut, karena cm materi2 ini yang paling gue hafal)

F: Dalam penerapan sehari2, benda IMK apa contohnya?
G: Handphone bu (Karena gue liat dua dosen di depan gue pegang handphone)

F: Kalau yang pernah kamu pakai selain handphone apa?
G: Mmmmm (diem agak lama). Rontgen bu. (Entah setan apa yang nyuruh gue jawab rontgen, bu Febriani pun bingung)

F: Kok Rontgen? Atm pernah pake ga?
G: Oh iya bu, ATM hehehe (nyengir2 bloon)

F: ATM itu menggunakan tipe interaksi apa?
G: Menu, bu

F: Selain itu?
G: tipe2 interaksi atm bu?

F: Enggak, bukan yang di atm tapi sebutkan tipe2 interaksi
G: (gue jawab lancar nih, soalnya udah nempel banget dikepala)

F: Dalam Usablility da nada prinsip2 nya tuh nih Saya kasih contoh, kalau misalnya seorang desainer merancang tulisan di handphone, nah si desainer itu memakai prinsip apa?
G: Capability bu

F: Itu kan secara umum, lebih spesifik dong?
G: (Gue nge blank terus gue diem lamaaaaaaaaaaaaaaaaaa BANGET)

F: Ti?(doi ngasih clue)
G: (masih diem)

F: Typography! Aduuhh gimana kamu ini.. kalau Prinsip Desain apa aja?
G: (diem lagi…mampus dah, gue lupa)

F: Ga tau juga? Yaudahlah, ini terakhir saya tanya.. kalau kamu membuat Website, apa saya yang kamu pertimbangkan?
G: Jenis hurufnya, Penggunaan warna, Tata letak nya (udah sehabis itu gue gak lupa lagi, soalnya cm baca sekilas)

 dan sidang pertama pun selesa kira2 10 menit

Selanjutnya Bu Fenni Agustina (APSI)
FA(ibu Fenni) G: gue


FA: Novira, ini IPK kamu segini gak dapet SK skripsi?
G: Saya um bu hehe

FA: oh, aslinya berapa?
G: (gue sebutin dah tu, ya ga jelek2 amat sih sebenernya) hehe

FA: Oh ya sudah, ini sama saya APSI ya… Gini dalam merancang sebuah sistem, apa dulu yang kamu lakukan?
G: Merancang output, input

FA: oh jadi tiba2 langsung output?
G: (ternyata gue salah nangkap mksd dia) Oh, perancangan bu (maksud hati bilang perencanaan, apa daya perancangan yang kesebut)

FA: tiba2 langsung perancangan gitu?
G: bukan Perancangan bu, tp Perencanaan (nah gue gak sadar tadi gue bilangnya perancangan)

FA: hati-hati loh, itu perencanaan dan perancangan sangat jauh berbeda
G: Iya, bu maaf mksd saya tadi perencanaan

FA: nah, perencanaan seperti apa??
G: (gue diem)

FA: kamu jangan grogi, nanti malah nge-blank.. dalam PI kamu deh, km bikin apa?
G: Aplikasi rekam medis bu

FA: dalam perencanaanya km ngapain? (disinilah mengarang indah dimulai)
G: observasi bu (deg! Gue baru ngeh perencaaan yg dia mksud)

FA: observasi aja?
G: Observasi, Wawancara, Angket, ambil sampel (pdhal gak satupun yg gue lakuin pas PI)

FA: apa yang km tanyakan pada saat wawancara?
G: (gue mengarang panjang lebar, karena sebenernya gue gak ngelakuin wawancara ini)

FA: apakah aplikasi kamu di implementasi di puskesmas itu?
G: Enggak bu, gak disetujuin (pdhl emang gue gak ngajuin ke puskes)

FA: sayang sekali, padahal km bisa dapet uang loh, tau setidaknya dapet penghargaan dari puskes itu
G: (gue nyengir kaya kuda balap)

FA: kalau Perancangan Sistem itu tahap nya apa saja?
G: Perancangan Output, Input, Dialog (satu2 gue jelasin, tapi gue dipotong)

FA: kenapa harus output dulu sih?
G: karena kalau kita mau ngerancang sistem, kita harus tau sistem ini dibuat untuk apa, nah itu kan namanya tujuan, tujuan itu adalah output dari sistem bu (seinget gue, ini pertanyaan terakhir)

FA: ok, sudah ya dari saya, silahkan tnggu diluar, tunggu bu marliza dateng

gue keluar ruangan, perasaan udah gak jelas, campur aduk, nyesel knp ada pertanyaan yg gue gak bisa jawab L
Gue lagi nunggu di depan ruang sidang, eh Adi keluar dari ruangannya, dia udah beres sidang, dan dia nemenin gue nungguin Bu marliza, gak lama bu marliza dateng. Setelah gue nunggu sekitar se jam kurang, gue di panggil masuk.

Terakhir sidang sama Ibu Marliza Ganefi Gumay
M: Ibu Marliza (SBD2) G : Gue


M: Sistem Basis Data apa sih?
G: (JRENG JRENG…. Gue lupa! setelah diem agak lama gue jawab ) Sekumpulan elemen-elemen data yang saling berelasi

M: elemen atau data?
G: elemen bu

M: elemen apa?
G: elemen data bu ( GUBRAKKK!! Dalem hati ketawa, padahal bukan elemen data tapi file eh tapi si dosen diem aja tuh gue jawab itu wkkwkwk)

M: udah itu aja? Diorganisasikan data itu?
G: oh iya bu, sekumpulan elemen data yang saling berelasi dan diorganisasikan dalam dbms

M: gimana ya mahasiswa ini, selalu terpaku sama buku dan tulisan, kamu jangan kasih saya definisi2 gitu, saya udah tau, pakai bahasa kamu aja lah
G: oh iya bu

M: kalau perancangan database itu apa aja langkah2nya?
G: (Gue diem lamaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa bangeeeeeettt, wah. Feeling gue gak enak) gue jawab tapi suara gue kecil banget, karena gue gak yakin sama jawaban gue, tiba2 gue dipotong)

M: kebalik tuh!
G: (tiba2 gue inget materi itu dan gue jawab dan jelasin dengan lancar jaya) 1.analisis dan pengumpulan data,2.perancangan konseptual,3.pemilihan DBMS, 4.perancangan logika, 5.perancangan fisik, 6.implementasi

M: nah, jangan kebalik2 ya, urutan itu penting. Kalau dlm pemilihan dbms apa saja yg di pertimbangkan?
G: harga, tipe model datanya, teknnik nya..(nah trus gue lupa)

M: kalau kamu beli TV, kamu mikirin apanya?
G: garansi nya bu

M: nah kalau dlm dbms bukan garansi namanya tapi apa?
G: oh support sistem nya bu (kira2 kaya service center gitu lah)

M: nah iya, kalau dbms kita rusak, kita ngadu sama siapa? Ya kan? (terus dia mengoreksi jawaban2 gue yang salah sebelumnya)

sidang selesai.

habis makan dan solat, sekitar jam 13.30 ada pengumuman kelulusan
Gelombang 1 mulai dipanggil satu per satu. Damn, nama gue dan Adi gak disebut. Sekitar 10-15 menit, gelombang 1 pun turun, dan mereka dinyatakan lulus semua.
Setelah itu gelombang 2 mulai dipanggil, nama gue di panggil. Adi belum. Sampai gue udah di ruang pengumuman pun gue gak tau Adi udah dipanggil apa belum. Dalam ruangan itu di kasih wejangan dulu dari Pak Edi Sukirman (Kepala Panitia Sidang). Dari semua orang yang dipanggil itu, dibagi jadi 4 kelompok, nama gue masuk kelompok 1, dan ternyata Adi udah dipanggil juga, dan dia masuk kelompok 3.
PENGUMUMAN TIBA…
Alhamdulilah… Kelompok 1 dan 4 lulus, kelompok 2 lulus bersyarat karena ada 1 mata kuliah yang gagal, kelompok 3 harus sidang ulang

Ya Allah, seketika rasa senang langsung hilang begitu aja waktu tau Adi harus sidang ulang L gue tau dia berusaha tenang, dan semoga dia tetep semangat buat sidang lagi.

perjalanan pulang rasanya makin campur aduk, seneng J dan sedih L rasanya lebih banyak sedih nya.

ya tapi, that’s life.. ada yang berhasil dan gagal..
Tips nya buat sidang kompre:
  1. Pelajarin dan pahamin SEMUA materi 3 mata kuliah itu sesuai SAP, jangan anggep remeh materi2 yang cuma sedikit
  2. Dateng ke kampus harus pagi, karena antri foto itu panjang banget, dan ini akan menentukan lo bakal kebagian kursi di ruang briefing atau gak.
  3. Di kampus, gak perlu lagi ngapalin materi, kalau mau baca2 doang silahkan.. karena kalau kita ngapalin satu materi secara singkat, bisa jadi materi yg lain lupa, malah inget yg barusan diapalin. (tapi ini relative sih ya, tergantung masing2 orang)
  4. Lebih baik sidang pertama/duluan, karena semakin lama lo nunggu semakin galau rasanya
  5. Bawa minum yang cukup, dan juga kipas!
  6. Jangan grogi, kalau ada pertanyaan yang lo gak paham maksudnya, lo tanya lagi ke dosen itu, karena kalau lo gak ngerti maksud dosen, dan lo main jawab aja.. jawaban lo bisa dianggap salah dan itu akan jadi nilai minus. Hati-hati ada dosen yang tipenya diem kalo kita jawab salah atau pun benar.
  7. Jangan mudah terintimidasi sama perkataan dosen yang pedes
  8. Banyak berdoa, inget Tuhan yang menentukan semuanya, kita tawakal aja.. berserah diri akan bikin kita lebih tenang, apalagi menjelang pengumuman kelulusan. minta doa restu dari orang tua juga penting
  9. Kalau udah lulus, gak usah lebay.. karena gak semua yang sidang itu lulus sempurna. Menghargai dan rendah hati gak akan bikin lo rugi kok
  10. Kalau lulus bersyarat dan harus sidang ulang, kalian jangan menyalahkan penguji, introspeksi diri aja karena Gunadarma punya kriteria mahasiswa yang bisa lulus/tidak, apakah kita sudah termasuk kriteria itu? tergantung kita sendiri, bagaimana kita belajar dan berdoa
Segitu aja yang bisa gue ceritain ya, mudah-mudahan bermanfaat J siapkan mental kalian, jangan stress dan grogi J SUKSES!!!!


29 comments:

  1. Selamat ya novira cantik :)

    Maap gak bisa nawar bajaj hahaha =)) :P

    ReplyDelete
  2. thank you for your support :) :*
    besok2 belajar nawar ya! :p

    ReplyDelete
  3. Selamat yah buat adi/kiw dan ira atas kelulusannya :)

    ReplyDelete
  4. kak mau nanya donk, klo compre itu buku materinya pinjem di perpus atau beli sendiri kak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cari referensi di perpus boleh, dari google juga banyak yg share kok.. yang jelas pelajari aja SAP nya masing2 matkul :P

      Delete
  5. makasih kak infonya .. sangat bermanfaat :D doakan adik kelasmu ini lancar jaya juga ya kak .

    ReplyDelete
  6. Udah lulus donk sekarang .... selamat ya???
    Sekarang gawe dimana???

    ReplyDelete
  7. wkwkkwkk, lucu bacanya.
    doakan lah ini generasi penerus kompre :D

    by: buleipotan.blogspot.com

    ReplyDelete
  8. Thanks for share kk cantik hehehe

    ReplyDelete
  9. soriii mau nanya donk...ini lo pas sidang ketemu dosennya satu2 ya?klo dari cerita lo sih bgitu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. dalam 1 ruangan, 1 meja... kita berhadapan sama 3 penguji sekaligus

      Delete
  10. lucu ceritanya. tapi qo bikin tegang y? karena mau sidang kompre bentar lagi.. qlo dirasain lebih parah kalau mau disunat.. hahaha. canda.. thanks sama infonya y..

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dibuat stress... yang penting belajar yang rajin... di cicil, dan diulangi terus sampai hari H.

      goodluck!

      Delete
  11. kakak mau nanya, cuma belajar 2 minggu? itu cara belajarnya mulai darimana ya? ngerangkum kah? terus dihapalin semua kak? makasih kaak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu itu belajarnya ngerangkum, dan coba2 bikin pertanyaan n jawaban yg kira2 bakal ditanya.. yang jelas harus paham dulu, lama2 jadi hafal :)

      Delete
  12. Kak, mau nanya. Paket2 mat-kul nya kita yang milih atau kampus?

    ReplyDelete
  13. Menghibur, selamat Novira.
    Giliran saya nih tahun ini.

    ReplyDelete
  14. salam... itu ngerangkumnya dari SAP aj atau dari referensi lain?? insya allah bulan ini sidang paket 3, mohon wejangannya kakak.. hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
  15. ahhhhhhhhh gak ada yang masuk bosss bijimaneeee !!! gak lulus neeee kacauuuuuuuuuuu

    ReplyDelete
  16. Makasih kak sharenya ttg compre. Doakan junior mu ini yah kak cuma punya spare waktu 7 hari buat ngapalin 3 matkul sekaligus tanpa harus mengulang ujian 😭

    ReplyDelete
  17. Makasih kak sharenya ttg compre. Doakan junior mu ini yah kak cuma punya spare waktu 7 hari buat ngapalin 3 matkul sekaligus tanpa harus mengulang ujian 😭

    ReplyDelete
  18. ka mau nanya setelah lulus, kaka kerja dmn & di bidang apa? apa kompre masih bisa berlanjut di S2 negeri ka?

    ReplyDelete
  19. kok gua ngakak ya pas
    Mmmmm (diem agak lama). Rontgen bu. (Entah setan apa yang nyuruh gue jawab rontgen, bu Febriani pun bingung)

    ReplyDelete

Comment